Home > Lain-lain > Harvard..

Rasanya semua anak sekolah yang pernah mengeyam pendidikan di seluruh dunia pasti pernah mendengar akan nama universitas ini. Ada di antara sebagian kecil nama yang paling terkenal di jagad raya seperti Sorbonne di Paris, Cambridge dan Oxford di Inggris yang juga termasuk dalam daftar sekolah yang paling bergengsi. Sedang di Amerika sendiri, Harvard bersama dengan Yale dan Princeton termasuk ke dalam kelompok yang disebut dengan Ivy League, dan ada total 8 nama yang masuk ke dalam kategori. Walaupun sekarang tentang penggolongan Ivy League ini sering dipertanyakan, karena sekolah sekelas MIT dan Stanford tidak termasuk, hanya karena mereka tidak jago dalam permainan bola basket dan hockey.

Harvard didirikan pada tanggal 8 September 1636, yang awalnya hanya sebagai sebuah sekolah teologi untuk mempersiapkan para calon pendeta. Berlokasi di daerah Cambridge, yang terpisahkan dari pusat kota Boston oleh sungai Charles, sedikit arah ke utara. Tiga tahun kemudian resmi dinamakan Harvard College sebagai penghormatan terhadap pendeta John Harvard yang meninggalkan seluruh harta benda dan koleksi bukunya untuk menjadi tonggak pemula. Sampai sekarang patungnya yang sedang duduk di atas sebuah kursi bisa dijumpai menghiasi Harvard Yard yaitu sebuah lahan yang utama.

Sebagai salah satu badan pendidikan termasyhur hingga kini Harvard telah menghasilkan ratusan penerima hadiah Nobel dan 8 presiden Amerika termasuk JFK dan Obama. Belum lagi perhargaan bergengsi lainnya seperti Hadiah Pulitzer, Piala Oscar serta berbagai atlit Olympian yang memenangkan ratusan medali dalam berbagai lomba. Ada 188 orang terkaya di dunia yang saat ini masih hidup dan pernah mengenyam pendidikan di sana, termasuk Mark Zuckenberg sang pemilik Facebook yang memilih untuk drop out pada tahun kedua. Dalam dunia fiksi, ada Profesor Robert Langdon sebagai guru sejarah yang lebih dikenal sebagai ahli symbology dan Tom Hanks yang telah memerankannya dalam layar sinema.

Sewaktu masih tinggal di Boston saya agak sering juga bermain ke Harvard, karena daerah ini mudah dicapai dengan hanya menumpang kereta. Bukan, saya bukan untuk menghadiri kuliah di sana, hanya sekedar makan siang di Harvard Square sekalian mejeng dan cuci mata. Apalagi saat musim penerimaan murid baru, banyak sekali wajah-wajah culun nan cakep habis yang datang dari seantero dunia. Agak sedikit males ngelihatin yang udah senior, karena mukanya lebih sering ditekuk karena stress menghadapi mata pelajaran dan kuliah.

Tingkat pemerimaan mahasiswa Harvard cenderung sangat rendah karena mereka benar-benar ketat dalam menseleksi calon murid. Sebagai sebuah universitas swasta terkemuka, biaya pendidikan di sini terhitung sangat mahal hingga menyundul mencapai langit. Tetapi bagi anak yang berprestasi ada banyak beasiswa all-in yang disediakan tanpa harus membayar sama sekali barang sedikit. Hanya kadang masih ada saja jejak nepotisme, di mana para alumni mempunyai jatah untuk merekomendasikan anggota keluarga terutama bagi klan berpengaruh yang sudah banyak menyumbangkan duit.

Karena terletak di Boston, maka cara pembacaan nama sekolah ini menjadi agak aneh karena kebiasaan orang sana yang membuat huruf R menjadi silent dan tidak disebut. Dan ini sering menjadi bahan olok-olokan, dan kalimat yang paling sering digunakan untuk bercanda seperti ‘I park the car near Harvard Yard’ bisa membuat orang tertawa terkentut-kentut. Merah crimson atau maroon merupakan warna kebanggaan yang dipakai dengan rasa yang patut dan mewarnai semua atribut. Disertai emblem atau logo berupa tiga buku yang terbuka dengan kata Veritas di atasnya yang artinya kebenaran alias the truth.

Jurusan yang paling terkenal di Harvard adalah Fakultas Hukum yang jebolannya dipastikan akan bisa sukses dan sangat disegani. Mereka menempati sebagian besar bangunan yang ada di kompleks, berbagi dengan Science, Design dan Theology. Lulusan sekolah Hukum Harvard yang paling terkenal di dunia adalah Elle Woods, yang mendaftar ke Harvard cuma karena ingin merebut kembali pacarnya yang bermaksud pindah ke lain hati. Kisah tokoh fiksi dalam film Legally Blond yang diperankan dengan baik oleh Reese Witherspoon ini sangat menarik, saya sampai menontonnya berkali-kali.

Sedang fakultas bidang kesehatan seperti kedokteran, kedokteran gigi dan public health ada di kompleks Longwood yang tergabung dengan akses mudah ke berbagai rumah sakit. Demikian juga dengan Bisnis School dan fasilitas olahraga serta stadium, ada di daerah Allston yang terletak di seberang sungai dan agak menjauh sedikit. Jika berjalan di sore hari menyusuri tepian Charles River, bisa disaksikan rombongan atlit brondong-brondong cakep yang sedang berlatih mendayung yang merupakan tradisi olah raga kaum elit. Saya sudah mejeng di Sorbonne, Berkeley, UCSF, Princeton, Columbia, Yale untuk menikmati wajah-wajah yang menarik, dan ketika mendengar kabar kalau UI, ITB dan IPB telah dikuasai oleh bani cingkrang, jenggotan dan cadaran, mungkin kalau melihat mereka pencernaan yang tadinya lancar langsung menjadi sembelit.

Tabik.

B. Uster Kadrisson