Home > Lain-lain > Kentang goreng McD..

Beberapa media online sedang ramai menurunkan berita tentang ladang milik Bill Gates yang sangat besar yang berada di negara bagian Washington, sehingga bisa terlihat dari angkasa luar. Dia disinyalir mempunyai ladang seluas 269.000 acres yang setara dengan luas kota Jakarta ditambah Surabaya dengan bonus Bandung di Jabar. Kepemilikan tanah ini sebagian besar dibawah kendali anak perusahaan Cascade, yang baru-baru ini mendapat sorotan di New York karena pelecehan seksual dan komentar rasialis yang telah sering dilakukan oleh salah seorang senior money manager. Sehingga secara tidak langsung Bill Gates bisa dinyatakan sebagai petani yang paling kaya di seluruh dunia, karena mempunyai ladang yang di 18 negara bagian tersebar.

Saat ini informasi yang akurat tentang seberapa luas tanah yang dia miliki dalam pendataan, karena sedang ada persidangan perceraian dan pembagian harta gono gini. Karena saat dia kawin dahulu tidak disertai oleh perjanjian pra nikah, karena siapa yang menyangka kalau dia bakal menjadi orang yang paling kaya raya seperti ini. Tetapi sang mantan, Melinda French Gates juga bukan jenis istri yang gila harta, karena selama ini sebagian hartanya sudah sering dibagi-bagikan, yang merupakan penyandang dana dari ratusan proyek di seluruh dunia sebagai seorang philanthropi. Mungkin dengan calon istri yang baru nanti, Bill Gates harus menyuruhnya menanda tangani perjanjian pre-nup, yah.. siapa sih yang tidak silau kalau melihat gemerlap berlian satu peti.

Kembali ke pembicaraan tentang ladang kepunyaan Bill Gates, menurut kabar banyak perusahaan mega fast food yang sudah lama menjadi pelanggan sejati. Dari komoditi yang diproduksi seperti bawang, wortel, sayuran dan apalagi kalau bukan kentang goreng legendaris yang ada di McD. Padahal, dari puluhan jaringan fast food yang sudah saya coba yang ada di Amerika, french fries yang dijual di McDonald’s tidaklah terlalu berarti. Ada menu curly fries atau kentang goreng keriting di Jack in the Box, Arby’s dan Stewart’s, atau cajun fries dengan bumbu ala Jamaica yang dijual di Popeye yang sepuluh kali lebih yummy.

Tapi memang McD yang mempopulerkan makanan ini pada tahun 50an yang memang telah lama dikenal di Amerika dengan nama french fries. Nama yang salah kaprah sebenarnya, karena menu ini dibawa pulang oleh tentara Amerika yang saat perang dunia pertama menempati pos di Belgia, sehingga sebenarnya tidak ada sangkut pautnya dengan negara Prancis. Kebetulan orang Belgia mempunyai dua bahasa, selain bahasa Belanda, yang membuat orang Amerika menyama ratakan golongan etnis. Ketika 20 tahun yang lalu saat runtuhnya Twin Towers di New York, Prancis menolak untuk bersekutu dengan Amerika untuk memburu Osama Bin Laden, orang-orang Amerika ramai-ramai memboikot makanan kentang goreng ini dan melihatnya sebagai najis.

Menurut keterangan resmi McDonald’s, mereka memang spesial menggunakan kentang jenis tertentu untuk membuat sehingga french fries mereka terasa berbeda. Yaitu jenis kentang Russet Burbank atau Shepody yang memang hanya bisa spesial dan berkembang dengan baik jika ditanam di negara bagian northwest America. Karena tanah vulkanik yang kaya akan mineral dan iklim yang unik membuat kentang yang ditanam di daerah ini menghasilkan kelas kategori yang prima. Negara bagian Idaho adalah merupakan daerah penghasil kentang dengan kualitas terbaik dan terbesar di seluruh dunia.

Kentang-kentang yang dihasilkan memiliki bobot yang cukup besar dengan kulit yang mulus dan hanya mempunyai sedikit mata. Pabrik-pabrik kepunyaan McDonald’s langsung memprosesnya, dengan menguliti, mencuci dan memotong dengan ukuran persegi panjang yang persis sama. Kentang kemudian diberi tambahan zat dextrose yaitu corn syrup dan sodium acid pyrophosphate supaya rasa dan warna kuning keemasan bisa dipertahankan dalam jangka waktu yang lama. Setelah itu dimasak setengah matang dan kemudian dibekukan untuk dikirim ke seluruh Amerika serta cabang-cabang mereka yang ada di belahan lain dunia.

Menurut McD, french fries mereka paling lezat untuk disantap segera setelah digoreng dalam suhu tertentu selama 3 setengah menit. Dengan tambahan taburan garam secukupnya, menu ini mempunyai tenggang waktu antara 3 sampai 7 menit berikutnya, tetapi rasa garing sudah mulai berkurang agak sedikit. Setelah itu, french fries akan dingin dan melempem, sehingga entah apa rasanya menu yang dibeli saat antrian panjang heboh BTS meal kemarin yang ketika sampai ke tangan pembeli sudah membuat dahi berkrenyit. Apalagi kalau melihat isinya yang hanya cuma kentang goreng dan chicken nugget, tetapi kabarnya yang membuat istimewa adalah saos sweet chilli dan cajun yang dipesan dari Korea serta diulek langsung oleh sang penyanyi favorite.

Tabik.

B. Uster Kadrisson