Home > Lain-lain > Kendji Girac..

Maaf kalau postingan kali ini membuat resah para penggemar K-Pop, karena terus terang saya nga ‘nemuin’ sesuatu yang bisa membuat saya betah. Dari sederetan grup boyband and girlband yang bersliweran, saya nga bisa ngebedain ini laki-laki atau wanita karena sama cantiknya. Apalagi ketika melihat video-video mereka dengan coreography yang.. alamak jang.. gemulai seperti penari gandrung Banyuwangi yang melemparkan selendang merah. Walaupun sudah berusaha untuk tampil macho, tetapi gerakan tangan dan kaki serta goyang kepala tidak bisa berdusta.

So, move away BTS, EXO, BlackPink, Super Junior,.. permettez-moi de vous présenter..Kendji Girac.* Mendengarkan lagu-lagu dari penyanyi asal Prancis ini akan membuat kaki susah untuk diam dan pasti akan ikut bergerak. Diikuti oleh dentingan gitar dan kadang terdengar tepukan tangan yang sarat dengan irama flamenco yang menghentak. Bahasa Prancis dan Spanyol yang diucapkan mengalir dengan sangat cepat bagaikan rentetan peluru yang ditembak.

Terlahir di daerah barat daya Prancis dengan nama panjang Kendji ‘Girac’ Jason Maillié, dia juga dikenal dengan nama yang sangat pendek, yaitu Kendji. Sebagai anak bungsu, dia merupakan keturunan dari Catalan Gitano asal Andalusia, atau sub etnis yang lebih dikenal dengan nama Gypsi. Kendji saat ini baru berusia 24 tahun tetapi namanya sudah ngetop habis di negara-negara Eropah, yang menasbihkan dirinya sebagai guitarist dan penyanyi. Dia menjadi jutawan dalam beberapa bulan setelah memenangkan perlombaan, sampai sekarang telah menghasilkan tiga album dan beberapa single yang terjual sebanyak jutaan copy.

Awal karir bermula dari keikut sertaannya dalam audisi sebagai penyanyi dalam lomba pencarian bakat di sebuah program tv yang ternama. Acara the Voice : la plus belle voix, adalah franchise dari program serupa asal Amerika, merupakan ajang audisi dengan hanya mengandalkan telinga. Sama seperti acara lain yang juga senada yaitu American Idol, tetapi kali ini para juri duduk dengan membelakangi peserta. Saat Kendji menyanyikan lagu ‘Bella’ dengan memetik gitar, hanya ada satu dari empat juri yang tertarik dengan suaranya dan memutar kursi untuk berhadapan muka.

Selebihnya adalah cerita kisah sukses, di mana Kendji akhirnya memenangkan perlombaan dengan menyabet hadiah pertama. Satu bulan kemudian dia mengeluarkan single ‘Color Gitano’ yang bercerita tentang kebanggaannya sebagai keturunan Gypsi yang langsung melejit di Eropah dan menduduki puncak anak-anak tangga. Tiga bulan kemudian, album perdananya ‘Kendji’ direlease dan mendapat double platinum sebagai album terlaris yang pernah dikeluarkan oleh alumni acara the Voice di seluruh dunia. Dia mendapat 2 penghargaan sekelas Grammy di Prancis dari 3 nominasi, dan semua itu dilakukan ketika dia masih berusia 18 tahun, yaitu sekitar 6 tahun yang sudah.

Mendengarkan musik dan suara Kendji membuat saya teringat kembali saat menyaksikan penampilan grup pemusik dan penari Flamenco sewaktu dulu pernah mengunjungi Barcelona. Alunan suara tinggi yang khas di ujung nafas dan tepuk tangan yang menjadikan sebagai alat musik tersendiri dan mengikut irama. Daerah Catalonia memang menjadi asal nenek moyang Kendji, yang berimigrasi ke Prancis melintasi pengunungan Pyrenees, atau yang juga dikenal dengan nama Andalusia. Dalam lagu ‘Belle’ diceritakan tentang gadis Gypsy yang terkenal dari daerah ini, seorang tokoh yang menjadi peran utama dalam cerita Hunchback of Notre Dame yaitu Esmeralda.

Lagu-lagu Kendji sebagian besar dinyanyikan dalam bilingual atau dua bahasa yaitu Prancis dan Spanyol. Seperti juga grup asal Languedoc, Prancis selatan yang terkenal di dunia yaitu Gypsy King, mereka sebenarnya tidak terlalu paham bahasa Spanyol tetapi bahasa itu menurut mereka sangat seksi jika dipakai dalam lagu untuk melukiskan seorang gadis cantik yang bahenol. Kadang walaupun seluruh lagu dia nyanyikan dalam bahasa Prancis tetapi bahasa Spanyol malah di pakai sebagai judul yang menampol. Dengan tampang yang keren khas Mediterania dan kepintaran memainkan gitar dengan sangat cepat, Kendji dipastikan telah terangkat namanya menjadi seorang idol.

Lagu-lagu Kendji bercerita tentang banyak hal, tidak melulu hanya romantisme sepasang cinta remaja, seperti dalam ‘Sonrisa’ yang dikatakan kalau senyuman itu adalah sebuah kekuatan yang bisa merubah dunia. Lagu ‘Cool’ bercerita tentang dirinya yang tidak menyangka akan menjadi superstar dan tetap akan rendah hati serta bersandung memainkan gitar untuk Eva Longoria. Sang American actress keturunan Mexico, yang cukup populer sebagai Gabrielle Solis dalam serial Desperate Housewives, akhirnya bisa berjumpa dengannya dan berphoto bersama. ‘No me miras más’ bercerita tentang seorang sahabat yang rela berpisah dengan sang gadis karena ternyata temannya juga suka dan belum pernah melihat dia sebegitu bahagia.

Saat audisi di acara the Voice, Kendji membawakan lagu ‘Bella’ karya Maître Gims, seorang rapper Muslim asal Congo, Afrika. Lagu dengan irama yang bisa menggoyangkan kaki ini bercerita tentang seorang kembang desa yang menjadi pujaan semua pria dan bisa menghipnotis mereka serta rela melakukan apa saja walaupun hanya sebagai batu penunjuk jalan di malam gelap gulita. Kendji kemudian berkolaborasi dengan sang artis dalam lagu ‘Dernier Metro’ dengan video clip yang menawan, menggambarkan daerah Prancis selatan yang indah. Video bercerita tentang sebuah pesta perkawinan yang penuh dengan gelak tawa yang berakhir tragis karena sang mantan datang membawa senjata.

Saya tidak bisa memilih, karena dari empat album yang telah dihasilkannya, saya sepertinya menyukai hampir semua yang ada di dalam daftar lagu-lagunya. Dari ‘Andalouse’ yang terdengar sangat seksi, atau Mon Univers, Baila Amigo atau juga Ma Câlina yang membuat saya ingin berdansa. ‘Habibi’ dengan sentuhan irama padang pasir atau juga yang bertempo lembut seperti Maria Maria, Evidemment, atau Fais Comme Ça. Atau kayaknya saya paling suka dengan ‘Elle a tout’, yang bercerita tentang anak juragan yang maksa banget minta dipacarin.. ah, saya kok jadi teringat akan kisah lama saat masa muda.

Tabik.

B. Uster Kadrisson

Catatan :
*) Biarkan saya perkenalkan kepadamu..